Welcome to our website !

PLESIRAN TEMPO DOELOE: Si Pitung

By 3:05 AM

Kitaorang jang idoep di tana Betawi pasti soeda kenal betoel ame sosok jang roepawan poela djago silat. Diaorang bekend diseboet: Si Pitung. Nama jang kesohor dari Rawa Belong, di pinggiran kota Batavia (di jaman dulu lho). Sebermoela Pitung dimintain toeloeng oleh bapaknja oentoek djoeal kambing di Tenabang (Tanah Abang) dibawa dengan gerobak (groot-bak; great-bak; bak besar). Itoe 5 kambing jang dibawa dari Rawa Belong dirampok oleh sedjoemblah vrijeman passer (preman pasar). Kamodian Si Pitung poenja tekad oentoek temoeken kombali itoe kambing jang soeda diambil-paksa.


Diaorang moelain beladjar ilmoe maen poekoelan dan ilmoe tarekat. Kata orang, satoe ilmoe kesaktian jang Pitung koeasai adalah "Rawa Rontek", jakni gaboengan Tarekat Islam dan djampe-djampe Betawi. Chasiat dari itoe ilmoe, Pitung dapet serap energie dari lawannja dan bikin pandangan lawannja djadi silap mata, kerna tiada bisa liet badan

Pitung alias linjap dari penglihatan. Menoeroet tjeritera rakjat, dengan ilmoe kesaktian itoe, Pitung tida bole menikah. Tak heiran hingga achir hajatnja (wafat di oemoer 40 tahoen) Pitung masih boedjangan *keluh* Perihal riwajatnja Si Pitung, sampe ini hari masih mengalami pro & contra.


Djikaloe diperhatiken kisahnja, Pitung memang merampok orang kaja-raja. Namoen, lakoe Pitung itoe bole dibilang "patoet dipoedjiken" sebab-sebab diaorang tjoemah rampok hartanja orang-orang jang poenja harta banjak. Tetapi menoeroet salah satoe soember, iaitoe Damardini, Pitung tida bagi-ken hatsil rampokannja kepada rakjat miskin, kerna tida ada perampok jang soedi briken djeri-pajahnja kepada orang laen. Adapoela tjeritera jang bilang kaloe-kaloe Pitung toeroet soembangken doeit rampokannja oentoek bebrapa mesdjid di Batavia (Djakarta), jang pada djeman itoe tjoemah ada di Pekodjan, Loear Batang dan Kampong Sawah sahadja. Tiada boekti otentiek bahoewa Si Pitung soeda briken doeit derma-nja kepada mesdjid itoe *semakinbingungdeh* Biar bagemanapoen, Pitung tetep mendjadi pahlawan en panoetan boeat orang Betawi jang soeda ditoeloeng Pitung dengen penoeh tjinta dan pengorbanan :)


Mari kembali ke pertanyaan awal di atas: Zo, Si Pitung itoe: Fiktif atau Fakta?! Riset jang dilakoeken oleh Margreet van Till di tahon 1996, nama Si Pitung poela dikenal sebagei: One Bitoeng, Pitang, lantas djadi Si Pitoeng. Bapaknja bernama Bang Piun, emaknja Mpok Pinah. Si Pitung itoe adalah nama panggilannja berasal dari Bahasa Djawa: Pituan Pitulung (Kelompok Toedjoeh). Nama aselinja Si Pitung adalah Salihoen (nah makin bingung dah loe, hehe). Menoeroet versie daripada si van Till jang orang Belande ini, Si Pitung adalah saorang criminaal. Kerna diaorang poenja kambing dirampok oleh tjenteng passer, lantas Si Pitung melakoeken bales dendam dengen rampok roemah Saipudin, toean tanah di bilangan Maroenda (jang sekarang mendjadi sematjem "Museum Si Pitung"). Tentoe sadja ini hal jang keliroe,

kerna itoe adalah roema jang dirampok, boekan tempat Si Pitung toelennja menetap. Bahkan activiteit perampokan jang dilakoeken Si Pitung sampe masoek courant pada tanggal 10 & 26 Augustus 1892, seperti jang ditoelis courant lokaal: "Hindia Olanda". HHHmmm berarti Si Pitung beneran ada yah? Ayo kita ikutin terus cerita serunya ini.

Hikajat Si Pitung di kamodian hari djadi banjak versie, bahkan ada jang ..fantastisch!


Ada jang bilang djikaloe Si Pitung toeroet andeel dalem melawan Tentera Djepang di tahoen 1942-1945, dan ada poela jang bilang kaloe-kaloe Si Pitung idoep kombali en bangkit dari koeboernja. Perkara itoe tjeritera moengkin sahadja "ada sedikit bener" djikaloe kitaorang liet alesannja kumpeni dalem perlakoeken djinazahnja Si Pitung,
jang mana badannja moesti dipotong-potong soepaija tida djadi satoe kombali.


Moengkin tjeritera ini tjoemah mitos belaka, namoen soeda banjak berita jang tersiar di antero negerij, dan salah satoe koeboeran tempat bagian badannja jang dikoeboer, akan kitaorang bezoek berame-rame. Djangan chawatir ataoe bajangken tempat jang serem poela angker, kerna itoe koeboeran tida nampak lajaknja koeboeran pada oemoemnja, dan locatienja poen precies di pinggirnja djalan besar jang kerap diliwati oleh auto, motorfietsen ataoe minibus (angkot).


Perihal tiwasnja Si Pitung, komisaris polisi jang bernama Heyne (“Schout Heyne, atau Heijna, Scothena, ataoe “Tuan Sekotena”), kerap diseboet-seboet, kerna diaorang soenggoe berang atas perilakoe Pitung di tanah Batavia. Apalagi orang bilang bahoewa Pitung kebal dari peloeroe. Pada soeatoe hari, goeroenja Pitung jang bernama H.Naipin diteken oleh kompeni soepaija kassie resia paling ampoeh oentoek boenoeh Pitung. Dalem desakan jang kedjem, H.Naipin bri taoe perkara dimana letak kelemahannja Pitung, jakni di djimat kerisnja, sehingga kesaktian-nja mendjadi lemah dan tida bertenaga. Versie laen jang tida kalah interessant mengatakan bahoewa djimat Pitung ada di ramboetnja, zo tatkala ramboetnja Pitung dipotong, maka diaorang langsoeng ta' berdaja dan moeda dita'loekken.


Djasad deripada Pitung itoe laloe moesti dipotong, dan dipisahkan ke berbagei locatie di Djakarta. Konon ada jang di Sawangan Depok, djoega dalem Hoetan di Djatidjadjar Depok, dan sekarang locatienja brobah mendjadi Kompleks dari
Kantoor Arsip Kehoetanan. Kitaorang aken samperin satoe Koeboeran Pitung, jang letaknja agak "di dalem kota" jakni di tepi djalan Kampong Rawa Belong. Kitaorang senantiasa denger dan dibriken gambaran tentang roepa Si Pitung,

seperti di gambar idoep (film) jang dibikin sekitar tahoen 1970an, jang dimaen kan oleh Dicky Zulkarnaen: Ganteng, Tinggi, Badan Atletis, Bertoeboeh Koeat. Tetapi menoeroet Tanu Trh dalem madjalah "Intisari" berdasarkan penoetoeran iboenja jang kerap ditjeritaken oleh kakeknja, dikatakan bahoewa Pitung tidalah sebesar dan segagah itoe. Perawakannja ketjil sadja, dan roepanja (wadjahnja) tida setampan Dicky Zulkarnaen. Koelitnja item, dengan tjiri chas: djambangnja nan tipis dengen oedjoengnja jang melingker ke depan (wuiiih netjis djoega jah)

Soeatoe hari Pitung pernah digrebek roemahnja oleh pulisi van Hinne, seloeroeh roemah dioebeg-oebeg, namoen Pitung jang ditjari ta koendjoeng ditemoekoen. Sasoeda kompeni dan anak boeahnja pegi, Seketika Pitung keloear dari tempat diaorang semboeni. Tida heiran banjak jang mengira kaloe-kaloe Pitung poenja achli linjapkan badan, padahal menoeroet tjeritera si kakek tadi, kerna Pitung
badannja ketjil en moengil, maka diaorang dapet dengen pandai masoep dalem tempat jang sempit, jang orang laen moengkin soeker oentoek moeat di sitoe. 

Klaar koeliling "roemahnja" Si Pitung di Kampong Maroenda, kitaorang samperin mesdjid jang soeda berdiri sedari tahoen 1600an awal, tatkala itoe Pasoekannja Mataram serboe kota Batavia en sijap serang Tentera VOC-nja Toean JP.Coen, marika para Pasoekan Mataram djadiken itoe mesdjid sebagei markas pasoekan. Tiada ada orang jang tahoe precies perihal kapan tepatnja itoe mesdjid dibikin. Sebahagian orang pertjaja kaloe-kaloe itoe mesdjid ada begitoe sadja setjara alamiah, itoe kenapa di kamodian harinja, nama mesdjid dinamaken "Al Alam". Banjak jang bilang, Pitung kerap diriken sholat poen mengadji di itoe mesdjid.

Dari "roemah" ataoe "museum" dan "mesdjid" Si Pitung, kitaorang sigra pegi ke Kampong Toegoe, tempatnja orang-orang "Mardijkers" (jang dimerdekakan dari boedak-belian djikaloe maoe pindah agama, dari Katoliek ke Kristen Protestan) Marika lama dikenal sebagai "Portuegese Hitam", jakni boedaknja Portugis jang didatengin dari bermatjam tempat di belahan boemi jang mendjadi kolonie-nja
Portugis, saperti: Pantai Malabar, Calcutta, Surate, Koromandel, Goa, Ceylon (Sri Lanka). Mardijker di sini poenja makna "bebas", jang asalnja dari bahasa Sangkrit: "mahardika". Kata Mardijker kamodian dipoengoet ke dalem bahasa Indonesia mendjadi kata "merdeka" namoen dengan makna jang amet berbeda iaitoe "bebas dari pendjadjah "(Belanda)". Moela-moela pada paroh abad ke-17 marika ditempatkan di Portuguese Kerk (Geredja Portugis) di deketnja bilangan Mangga Doea dan Djakarta Kota, setelah dibojong dari tempat-tempat jang di-seboet di atas (sekitaran India), laloe sebagian besar dari marika mahoe pindah ke Kampong Toegoe. Konon kata orang, itoe nama Kampong Toegoe berasal dari penggalan nama: PorTUGUese, iaitoe kampongja orang Portugis (si boedak hitam).

Hoeboengan Bangsa Portugis dengen "Indonesia" sesoenggoehnja soeda lama ter-djalin. Pemakaian tanda koetip pada hoeroep indonesia itoe kerna pada itoe tempo blon ada "negara" Indonesia, jang baroe bener-bener "ada" sedjak 17 Augustus 1945. Selama 1 abad sebelom Bangsa Belanda dateng ke boemi Noesantara, Bangsa Portugis soeda lakoeken contact dagang en sociaal dengen banjak soekoe di Noesantara. Poen boekti artefaak sedjarahnja masih ada hingga sekarang. Seboeah batoe "Padrao" jang dipakei oentoek saksi pernjataan kerdjasama, antara Portugis dengan Keradjaan Radja Soenda, dapet kita saksiken di Museum Nasional (Museum Gajah) di Jl.Medan Merdeka Barat. Itoe batoe digoenaken sebagei boekti kesepakatan perdjandjian kedoea "negara".

Moengkin tida banjak jang tahoe kaloe-kaloe selaen bahasa Arab, Inggeris, Belanda dan Melajoe, bahasa Indonesia djoega banjak dipengaroehi oleh bahasa Portugis. Amat banjak tjontoh jang bole dibriken, diantaranja: bola, pena, roda, ronda, sisa, tenda, tinta, maco. Laloe kosakata jang alami perobahan oetjapan: bangkoe (banco), bantal (avental), kaldu (caldo), bendera (bendeira), boneka (boneca), jendela (jenela), mentega (manteiga), dll.

Ach, soenggoe bagoes betoel itoe tjeritera-tjeritera masa silam Djakarta di tempo doeloe, apalagi djikaloe kitaorang samperin sebari dengerin muziek chas bilangan Kampong Toegoe itoe, siapatah jang tida kenal: "Krontjong Toegoe"? Kitaorang aken persembahken dengen hati seneng satoe pagelaran "mini-concert" itoe orkes "Cafrinho Toegoe" jang dojan ber- senandoeng lagoe langgam krontjong jang ada enak soearanja empoek soenggoe merdoe, jang akan dilantoenken di depannja Geredja Toegoe tatkala kitaorang santap siang dengen menoe makanan jang njam-njam dan digoejoer aer poetih dingin bikin rerongkongan adem :)

You Might Also Like

0 comments