Welcome to our website !

OOT : Bertransaksi dengan pulsa, #eh?

By 10:21 AM

Transaksi online di Indonesia semakin hari semakin meningkat dengan bermunculan website-website toko online, baik yang sederhana hingga yang profesional, dimana didalamnya berisi banyak penjual. Disaat yang sama, penggunaan perangkat mobil yang canggih (smartphone dan tablet) juga memudahkan setiap orang untuk berbelaja online dengan dukungan provider seluler yang memungkinkan pengguna perangkat ini bisa berinternet dimana saja.. 

Mungkin sudah banyak yang tahu kalo banyak dari provider kita telah memberikan layanan pembelian menggunakan pulsa, contoh awamnya adalah membeli RBT. Dengan meningkatnya transaksi yang menggunakan pulsa ini, akhirnya Telkomsel pun mengeluarkan layanan T-cash, yang bisa digunakan untuk bertransaksi di minimarket tertentu, namun mungkin karena cara pengguanaanya yang kurang praktis, layanan ini sepertinya kurang peminat. Pemikiran saya, kenapa layanan seperti ini tidak dipakai dalam transaksi online di eCommerce? sebenarnya bisa, ini cukup membantu mengingat transaksi dilakukan dalam jarak yang jauh (pembeli dan penjual beda daerah). Sayangnya, sepertinya mendaftar sebagai merchand untuk bergabung dalam program ini agak sulit.

Beda lagi dengan transaksi jual beli pulsa yang juga pernah di kampanyekan salah satu provider CDMA, dengan layanan transfer pulsa, kita bisa jualan pulsa yang kita miliki kepada yang membutuhkan, namun tidak semua provider punya layanan ini, provider 3 misalnya, layanan transfer pulsa ini dihilangkan. Layanan ini biasanya juga mengenakan charge kepada si pengirim pulsa, jumlahnya beragam, tergantung kebijakan provider, sehingga keuntungan bertransaksi pulsa seperti ini tidak begitu menarik bagi kebanyakan orang, apalagi hal ini cuma bisa dilakukan dalam satu provider yang sama saja.

Yang cukup berkembang dalam transaksi pulsa ini adalah dengan adanya sebuah perusahaan yang mendistribusikan pulsa dari berbagai oprator ke masyarakat, Awalnya perusahaan ini mendistribusikan melalui warung-warung penjual pulsa, namun sekarang setiap orang dapat bergabung dan menjual pulsa secara individu, layanan ini biasa dikenal dengan "jual pulsa electric". 

Saya kira ada berbagai macam metode transaksi lain yang juga dilakukan dengan pulsa telepon, namun dari 3 contoh transaksi yang saya ceritakan diatas jika ditarik benang merahnya, maka bisa terwujud sebuah transaksi electronik/online menarik, yang menggunakan pulsa sebagai alat pembayaran. Transaksi pembelian online di sebuat website jual-beli dengan pembayaran melalui transfer pulsa yang biasa dilakukan. Tentunya sistim ini hanya bisa terjadi dalam satu provider saja, namun masalah yang lebih penting adalah bagaimana cara meng-uang-kan-nya, jika saja setiap provider membuat cara untuk meng-uangkan kembali pulsa yang dimiliki (cash back), saya kira ini bisa mendorong transaksi online lebih mudah dan bisa jadi sebuah pemikiran untuk provider seluler jika mereka ingin mengembangkan bisnis online payment, atau mungkin layanan seperti telkomsel T-cash bisa dimodifikasi agar setiap orang bisa bertransaksi dengan layanan ini. 

Tulisan ini adalah sebuah ideyang kedepannya mungkin bisa dikembangkan lebih baik lagi. Mungkin saja apa yang saya ceritakan sudah dilakukan atau salah pada kenyataannya. mungkin anda bisa berbagi tentnag ide ini.

You Might Also Like

1 comments