Welcome to our website !

Bahaya Simbol-Simbol

By 1:27 PM

inpixl.com - masih ingat dengan film Davinci code? dimana Tom Hanks yang berperan sebagai pemeran utamanya membuka tabir kejahatan yang menyangkut sebuah agama dengan cara memcahkan simbol-simbol? Film ini didemo karena dianggap menghina suatu agama, terlebih menghina simbol-simbol yang ada, baik simbol-simbol keagamaan yang sakral dan simbol-simbol anti agama tertentu.


kasus terbaru adalah ditolaknya Lady Gaga karena dianggap pemuja setan kerena dia selalu menampilkan simbol-simbol anti Tuhan. simbol mata satu, piramid, angka 666, kepala domba, bintang terbalik, salib terbalik, dll.   Pertanyaannya? simbol yang ditampilkan Lady Gaga itu simbol anti apa? apa kaitannya dengan FPI yang notabene adalah kelompok Islam dan menolak Lady Gaga?

Jika ditelusuri, simbol-simbol ini semaua berkaitan dengan agama kristen dan katolik, sedang tidak ada hubungannya dengan agama Islam. Islam mengenal Dajjal bermata "picek" sebelah, bukan mata satu, tidak mengenal simbol piramida, kepala kambing, kepala anjing yang sebenarnya dipakai oleh kelompok anti yahudi dimana mereka beranggapan sebagai pemuja firaun (simbol-simbol tadi adalah simbol-simbol kerajaan firaun) yang anti Yahudi.Freemason dan Illuminati sebenarnya kelompok ini adalah kelompok anti gereja di eropa di zaman pertangahan, sebagai kelompok yang menentang kebebasan berfikir saat itu. Isu-isu simbol ini sebenarnya berkembang di Amerika sebagai cara untuk meneguhkan kelompok (agama) tertentu tidak mendekati kelompok diluar mereka, dengan cara menakut-nakuti. 

Lalu mengapa kita di Indonesia mengikutinya? sebuah pertanyaan dimana kita di Indonesia yang memiliki kebudayaan yang berbeda, agama (yang mempermasalahkan simbol ini) yang berbeda perlu mempermasalahkan simbol-simbol ini? 


Sebenarnya di Indonesia kasus permasalahan simbol sendiri sudah ada sejak lama. dari mulai simbol lingga-yoni, di candi-candi, dimana lingga berbentuk tonjolan dan berarti kemaluan pria sedang yoni berbentuk cawan yang menyimbolkan kemaluan wanita. Banyak yang mengartikan ini sebagai simbol penyembahan terhadap seksualitas, tapi para ahli menyimpulkan ini sebagai simbol kesuburan. Masih segar juga ingatan kita pada simbol palu-arit milik Partai Komunis Indonesia (PKI) yang menjadi momok di zaman Suharto agar masyarakat takut dan tidak mau memunculkan pemikiran atau paham yang menyerempet pada komunisme. Banyak pelaku yang entah sengaja atau tidak sengaja memunculkan logo ini di penjara zaman itu. Setelah Suharto tak berkuasa, baru diketahui bahwa ini adalah bagian dari kudeta kelompok Suharto kepada Sokarno yang saat itu didukung PKI dan lalu semua anggota, pendukung, simpatisan dan orang-orang yang dianggap berhubungan dengan partai ini di hukum mati, penjara tanpa persidangan. Simbol Palu-Arit, lagu genjer-genjer, dipakai sebagai simbol pengkhianatan dan anti pemerintah di zaman Suharto. Jika dihubungkan dengan Agama Islam, tidak ada simbol yang dikenal sebagai anti Islam seperti halnya anti kristen.


Selalu ada isu/cerita dibalik sebuah simbol. Dan tidak jelas siapa yg seharusnya menafsirkan simbol-simbol yang ada. Isu simbol dikembangkan oleh penguasa dan masyarakat untuk kepentingan mereka. Perlu di ketahui bahwa simbol hanyalah benda mati yang diberikan isu dibelakangnya, entah itu isu baik atau buruk dan tidak berbeda dengan isu, rumor, gosip, selalu ada pertentangan dalam penafsirannya. pada akhirnya setiap orang menafsirkan sebuah simbol dari sisi masing-masing. Yang perlu di ingat simbol itu sendiri bebas nilai dan bebas dipakai untuk apapun tanpa perlu takut kita tersihir masuk kedalam suatu golongan atau kelompok tertentu. Karena itu perlu kedewasaan dalam menyingkapi isu-isu yang berkaitan dengan simbol. Memakai simbol pedang bukan berarti menjadi anti kristen karena bentuknya yang seperti salib terbalik atau memakai logo segitiga atau belah ketupat bukan berarti penganut illuminati.

You Might Also Like

0 comments