Welcome to our website !

[Branding Bisnis] Hal yang harus di perhatikan dalam ber-iklan di internet

By 12:15 PM

Ber-iklan di Internet saat ini makin marak terutama saat ini dimana google sudah membuka kantor cabangnya di Indonesia. Website lokal dari Indonesia pun mulai banyak menghiasi iklan-iklan di berbagai website dan facebook.

Nah, sebelum anda ingin membuat iklan di media internet/online, mungkin perlu mengetahui beberapa hal yang diperhatikan dalam membuat iklan di media internet.

Ketahui dimana anda harus beriklan
Ada banyak pemain dalam iklan internet, paling tidak ada 2 metode yang dipakai, embedded advertising and website advertising. Embedded advertising adalah media iklan yang buat oleh perusahaan tertentu dan dia bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menempelkan iklannya di berbagai website, contohnya google adwords, SITTI, dll.  Dan Website advertising adalah website yang menyediakan layanan beriklan dimana target nya adalah pengunjung website tersebut, contohnya facebook, detik.com, kaskus, dll.

Mengetahui karakteristik pengguna internet
pengguna internet memiliki karakteristik tertentu yang berbeda dengan media cetak, electronik dan media luar ruang (baliho, spanduk, dll.). Misalnya dimana mereka membuka internet (kantor apa rumah atau warnet), menggunakan PC atau smartphone, anak muda atau pekerja, beraktifitas di internet saat siang atau malam, dan seterusnya. Biasanya pengguna internet mengharapkan informasi yang lebih cepat, detil dan jelas dibandingkan media iklan lain. pastikan anda mengetahui sasaran target market anda.

Tentukan Target market 
Setelah mengetahui karakteristik pengguna internet, tentukan target market anda. hal ini akan terkaitdalam menetukan dimana sebaiknya beriklan. apakah di google adwords atau detik.com misalnya. beriklan dengan perusahaan iklan yang menempel dengan website lain memang lebih mudah untuk mengkostumisasi target market, tapi pastikan dimana saja mereka menempel iklannya. Jika anda memilih iklan di sebuah website ketahui karakteristik pengguna website tersebut.

Siapkan halaman mengenai informasi produk anda
Ikan di Internet biasanya hanya sebuah link/tautan dengan sedikit kata-kata dan gambar. pastikan anda tidak hanya menautkan iklan ini ke website saja, tapi tautkan ke halaman khusus yang menerangkan produk anda secara lebih detil.

Media
Berbeda dengan media lainnya anda punya lebih banyak cara untuk beriklan. Ada banyak media yang bisa anda pakai, tidak cuma teks iklan seperti iklan baris, gambar banner, tapi juga video, animasi bahkan media suara. Tentukan bentuk apa yang pas dengan strategy iklan anda.    

Biaya
berbeda dengan beriklan di media electronik, cetak dan offline lainnya, di internet anda mempunya banyak pilihan, dari mulai yang gratis hingga berbayar. tentunya tidak sepenuhnya gratis, karena biaya murah atau gratis memerlukan upaya yang lebih besar ketimbang yang berbayar. setidaknya ada beberapa metode yang di pakai. PPC (pay per click) iklan yang anda bayar jika iklan anda di klik pengguna, PPI (pay per impression), iklan yang anda bayar per tayang, iklan per hari, iklan per minggu, iklan per bulan, hingga iklan pertahun dan masih banyak lagi sesuai program yang berikan dari agency ilkan online.

Semoga hal ini bisa membantu anda sebelum melakukan iklan di ranah internet. Jika Anda butuh bantuan mengenai iklan di internet jangan segan hubungi kami di Email: inpixl.com@gmail.com, chat di YM: mirzainpixl, website: www.inpixl.com

You Might Also Like

0 comments