Welcome to our website !

Sebuah artikel yang menarik saya temukan terkait membangun brand oleh Hermawan Kertadjaya. Artikel ini di tulis oleh Alina Mustaidah di website bisnisukm.com. saya mencoba menyadur dan meringkas artikel ini agar lebih mudah dan cepat dibacanya :D So, selamat membaca yah.

“Adakah perusahaan, yang ketika dia tutup dan produknya sudah tidak keluar, konsumen akan sedih?” itu pertanyaan Hermawan kertadjaya. Jika Anda menemukan jawabannya, itulah produk pemilik brand (merk) yang sangat kuat. Menciptakannya, tentu saja tidak cukup hanya dengan beriklan. Baik itu di media cetak (printing ad), iklan luar ruang (outdoor), maupun iklan-iklan model baru.

Membangun brand yang kuat perusahaan tidak boleh hanya mengandalkan iklan. Perusahaan harus melakukan sesuatu yang mengena di benak konsumen, tidak sekadar menjual tetapi memiliki implikasi jangka panjang.
Perusahaan yang memiliki reputasi bagus tidak lagi memerlukan promosi, marketing, public relation, atau corporate social responsibility (CSR) karena hal itu telah terjadi dengan sendirinya. Cara baru membangun brand adalah dengan membentuk bisnis yang dicintai oleh oleh konsumen juga karyawan perusahaan.

Hal ini terkait reputasi. Bagi customer, reputasi yang baik akan menentukan keputusan membeli. Bagi karyawan perusahaan, nama baik akan memicu mereka untuk loyal dan berkomitmen. Selain itu, nama baik juga akan menarik media untuk terus mengikuti perkembangan.

contoh dari reputasi yang baik ini adalah The Body Shop dan Apple. The Body Shop, dikenal sebagai produk yang ramah lingkungan sehingga bisa mengambil simpati konsumen di seluruh dunia. Selain itu, Anita Roddick, pencipta merek tersebut, dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup dan bisnisnya juga sangat concern terhadap perekonomian dunia ketiga.
Sedangkan produk-produk Apple dikenal memiliki reputasi tersendiri dibanding produk elektronik sejenis. Bahkan saat ini, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs itu telah menjual jutaan keping produknya dan menciptakan konsumen yang loyal.
Dalam membangun brand yang kuat, harus dimulai dengan menyinergikan pikiran, hati, dan jiwa, yang lantas diimplikasikan kepada model bisnis dengan menciptakan misi, visi, dan nilai. Misinya, perusahaan bisa memberi manfaat kepada manusia dan lingkungan. Visinya, perusahaan bisa menjadi yang terdepan dalam menciptakan inovasi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dan nilainya adalah menciptakan nilai keekonomian, lingkungan yang sehat, dan mendukung perkembangan sosial.
Menurutnya, perusahaan perlu melakukan usaha-usaha untuk mempertahankan diri bagi orang-orang yang mencintai perusahaan. Akhirnya, perusahaan akan mampu menciptakan brand-nya akan mempunyai brand integrity, brand identity, dan brand image.
Mengetahui peta pengguna eCommerce di asia pasifik dari sebuah survey yang dilakukan oleh Martercard. link lengkapnya bisa di diliat disini.


"Coffee cup sekali pakai ini butuh waktu sebulan membuat-nya dan dijual hingga ratusan dollar."


Bagaimana anda memperlakukan sebuah Coffee cup yang terbuat dari steriofoam?  minum isinya, lalu buang? yah itu lah nasib sebuag Coffee cup sekaliu pakai. Tapi di tangan  Cheeming Boey, artis kelahiran malaysia yang sekarang bekerja di California, Coffee cup sekaliu pakai ini menjadi sebuah karya yang menakjubkan, hingga Anda sayang untuk membuangnya, bahkan mungkin untuk mengisinya dengan kopi.

Boey. 34 tahun, sudah menjual coffee cup nya itu selama 6 tahun, dan ada yang menghargainya hingga $1,250 atau sekitar 12 juta rupiah. Gambar-gambar yang dibuatnya dengan detail.dan mengelilingi coffee cup tanpa putus.

Hal ini mungkin bisa menjadi ide buat Anda, dari sesuatu yang terlihatbiasa saja, bisa kita design sehingga memberikan kesan emosional kepada client anda, membuat mereka terkesan dan mengingat selalu product Anda.

Image yang lainnya:

Saat ini dunia usaha menggeliat dengan makin banyak bermunculan bisnis-bisnis baru, bisnis barang atau jasa baik bidang formal ataupun informal. Bersamaan dengan itu fasilitas Internet di Indonesia juga semakin baik. Banyak yang beranggapan sudah saatnya memanfaatkan internet untuk berbisnis namun disisi lain banyak juga pengusaha yang merasa tidak ada alasan usahanya, apalagi yang masih berkembang, menghambur-hamburkan uang untuk membuat website.

Sayangnya, walaupun sudah banyak yang tahu bagaimana bentuk website tapi belum banyak yang tahu apa manfaat website bagi bisnis yang kita jalani. Kali ini saya kan memberikan 10 alasan yang mungkin dapat membantu pertimbangan Anda untuk membuat website pada bisnis Anda:

1. Website membuat bisnis Anda buka 24 jam/hari dan 7 hari/minggu.



Jika Anda punya Toko, berapa lama waktu oprasionalnya? dari jam 10 jam? bagaimana dengan sabtu dan minggu? Website membuat jam oprasional bisnis Anda menjadi 24 jam/hari dan 7 hari/minggu. setiap pengunjung yang datang ke website Anda dapat mengetahui bentuk usaha/bisnis Anda, melihat katalog produk, dan mengetahui informasi yang dibutuhkan walaupun diluar jam oprasional usaha Anda.


2. Website adalah brosur/katalog online Anda, yang dapat dirubah kapan saja

Dalam setiap bisnis/usaha pasti kita perlu membuat brosur. Membuat brosur cetak bukanlah perkara mudah, dia memerlukan biaya yang tidak sedikit dan jika ada perubahan informasi didalamnya sisa brosur tersebut akan sia-sia. Website adalah tempat yang mudah, cepat dan murah untuk meng-update brosur bisnis Anda dibandingkan brosur cetak. Kapasitas Informasi yang Anda ingin sampaikan juga lebih besar, sehingga klien Anda mendapatkan informasi mengenai bisnis Anda dengan lebih konprehensif. Hal ini juga dapat menghemat untuk biaya cetak dan distribusi brosur.


3. Meraih pangsa pasar baru dengan pengunjung global.

Di Internet, bisnis Anda tidak lagi hanya akan dikenal dalam lingkup lokal saja, tapi juga gelobal. Bisnis Anda berpotensi dikenal oleh jutaan orang dari seluruh dunia. Ya, Internet adalah tempat yang paling efektif untuk transaksi baik nasional, maupun internasional.


4. Meningkatkan pelayanan terhadap klien/pelanggan.

Dengan membuat layanan tanya-jawab di website Anda, penjualan dan indormasi dapat di proses secara otomatis dan saat itu juga walaupun tidak ada orang di kantor. Dengan formulir online, klien/pelanggan diperbolehkan untuk bertanya tentang informasi lebih lanjut yang diinginkannya. Hal seperti memberikan klien/pelanggan untuk dapat mendownload invoice/faktur, proposal atau dokumen penting lainnya juga akan sangat menghemat biaya.


5. Mempresentasikan Profesional Image.

untuk usaha kecil atau menengah, disain website yang baik dapat meningkatkan percaya diri dan terlihat lebih besar dari yang sebenarnya. Zaman sekarang, pelanggan sudah berfikir bahwa setiap produk atau bisnis memiliki website. Saat ini kompetitor utama Anda mungkin sudah hadir di Internet, jika iya, lakukan hal yang sama dan cari cara agar Anda lebh baik dari mereka.


6. Menjual produk Anda.

Mengapa harus membayar lebih mahal biaya sewa, listrik, dan lainnya seperti bisnis zaman dulu. Berjualan secara online lebih murah dan cara yang baik untuk mendampingi bisnis offline Anda. membuat keamanan dalam pemesanan online juga tidak terlalu mahal, bahkan untuk usaha kecil sekalipun.


7. Promosikan layanan Anda.

Pengacara, Dokter, Konsultan, artis dan semua bisnis dibidang jasa harus memberitahukan kepada para pelanggan, bahwa mereka punya pilihan. Jutaan pengguna mencari refrensi dari website dan melihat ke website-website perusahaan sebelum mereka memutuskan kapan mereka memerlukan layanan dibidang jasa yang akan digunakan.


8. Mengumpulkan Informasi dan mendapatkan masukan yang bernilai.
Anda dapat mengumpulkan informasi dari pelanggan dan pelanggan potensial Anda dengan menggunakan formulir dan survey online yang bisa dipasang di website Anda daripada harus bersusah payah keluar kantor dan meminta setiap orang satu persatu. Biarkan pelanggan Anda yang datang. Ini adalah alat yang bagus untuk mengetahui cara pandang pelanggan anda melihat produk dan layanan jasa Anda.

9. Merikan Kepuasan lebih cepat.

Orang zaman sekarang sangat sibuk, mereka tidak mau menunggu lama untuk mendapatkan informasi. Berikan apa yang mereka inginkan saat mereka mengiginkannya melalui wensite perusahaan Anda. Jika produk Anda cocok, Anda bisa memberikan contoh gratis atau ujicoba selama beberapa waktu untuk di download. Hal ini termasuk brosur, gambar, musik, power point, dan lain-lain.


10. Alat perekrut yang bagus
Saat Anda membutuhkan pegawai atau ingin menampilkan lowongan kerja, website Anda adalah alat yang bagus untuk membangun usaha Anda.

Mirza