Welcome to our website !

Kitaorang jang idoep di tana Betawi pasti soeda kenal betoel ame sosok jang roepawan poela djago silat. Diaorang bekend diseboet: Si Pitung. Nama jang kesohor dari Rawa Belong, di pinggiran kota Batavia (di jaman dulu lho). Sebermoela Pitung dimintain toeloeng oleh bapaknja oentoek djoeal kambing di Tenabang (Tanah Abang) dibawa dengan gerobak (groot-bak; great-bak; bak besar). Itoe 5 kambing jang dibawa dari Rawa Belong dirampok oleh sedjoemblah vrijeman passer (preman pasar). Kamodian Si Pitung poenja tekad oentoek temoeken kombali itoe kambing jang soeda diambil-paksa.


Diaorang moelain beladjar ilmoe maen poekoelan dan ilmoe tarekat. Kata orang, satoe ilmoe kesaktian jang Pitung koeasai adalah "Rawa Rontek", jakni gaboengan Tarekat Islam dan djampe-djampe Betawi. Chasiat dari itoe ilmoe, Pitung dapet serap energie dari lawannja dan bikin pandangan lawannja djadi silap mata, kerna tiada bisa liet badan

Pitung alias linjap dari penglihatan. Menoeroet tjeritera rakjat, dengan ilmoe kesaktian itoe, Pitung tida bole menikah. Tak heiran hingga achir hajatnja (wafat di oemoer 40 tahoen) Pitung masih boedjangan *keluh* Perihal riwajatnja Si Pitung, sampe ini hari masih mengalami pro & contra.


Djikaloe diperhatiken kisahnja, Pitung memang merampok orang kaja-raja. Namoen, lakoe Pitung itoe bole dibilang "patoet dipoedjiken" sebab-sebab diaorang tjoemah rampok hartanja orang-orang jang poenja harta banjak. Tetapi menoeroet salah satoe soember, iaitoe Damardini, Pitung tida bagi-ken hatsil rampokannja kepada rakjat miskin, kerna tida ada perampok jang soedi briken djeri-pajahnja kepada orang laen. Adapoela tjeritera jang bilang kaloe-kaloe Pitung toeroet soembangken doeit rampokannja oentoek bebrapa mesdjid di Batavia (Djakarta), jang pada djeman itoe tjoemah ada di Pekodjan, Loear Batang dan Kampong Sawah sahadja. Tiada boekti otentiek bahoewa Si Pitung soeda briken doeit derma-nja kepada mesdjid itoe *semakinbingungdeh* Biar bagemanapoen, Pitung tetep mendjadi pahlawan en panoetan boeat orang Betawi jang soeda ditoeloeng Pitung dengen penoeh tjinta dan pengorbanan :)


Mari kembali ke pertanyaan awal di atas: Zo, Si Pitung itoe: Fiktif atau Fakta?! Riset jang dilakoeken oleh Margreet van Till di tahon 1996, nama Si Pitung poela dikenal sebagei: One Bitoeng, Pitang, lantas djadi Si Pitoeng. Bapaknja bernama Bang Piun, emaknja Mpok Pinah. Si Pitung itoe adalah nama panggilannja berasal dari Bahasa Djawa: Pituan Pitulung (Kelompok Toedjoeh). Nama aselinja Si Pitung adalah Salihoen (nah makin bingung dah loe, hehe). Menoeroet versie daripada si van Till jang orang Belande ini, Si Pitung adalah saorang criminaal. Kerna diaorang poenja kambing dirampok oleh tjenteng passer, lantas Si Pitung melakoeken bales dendam dengen rampok roemah Saipudin, toean tanah di bilangan Maroenda (jang sekarang mendjadi sematjem "Museum Si Pitung"). Tentoe sadja ini hal jang keliroe,

kerna itoe adalah roema jang dirampok, boekan tempat Si Pitung toelennja menetap. Bahkan activiteit perampokan jang dilakoeken Si Pitung sampe masoek courant pada tanggal 10 & 26 Augustus 1892, seperti jang ditoelis courant lokaal: "Hindia Olanda". HHHmmm berarti Si Pitung beneran ada yah? Ayo kita ikutin terus cerita serunya ini.

Hikajat Si Pitung di kamodian hari djadi banjak versie, bahkan ada jang ..fantastisch!


Ada jang bilang djikaloe Si Pitung toeroet andeel dalem melawan Tentera Djepang di tahoen 1942-1945, dan ada poela jang bilang kaloe-kaloe Si Pitung idoep kombali en bangkit dari koeboernja. Perkara itoe tjeritera moengkin sahadja "ada sedikit bener" djikaloe kitaorang liet alesannja kumpeni dalem perlakoeken djinazahnja Si Pitung,
jang mana badannja moesti dipotong-potong soepaija tida djadi satoe kombali.


Moengkin tjeritera ini tjoemah mitos belaka, namoen soeda banjak berita jang tersiar di antero negerij, dan salah satoe koeboeran tempat bagian badannja jang dikoeboer, akan kitaorang bezoek berame-rame. Djangan chawatir ataoe bajangken tempat jang serem poela angker, kerna itoe koeboeran tida nampak lajaknja koeboeran pada oemoemnja, dan locatienja poen precies di pinggirnja djalan besar jang kerap diliwati oleh auto, motorfietsen ataoe minibus (angkot).


Perihal tiwasnja Si Pitung, komisaris polisi jang bernama Heyne (“Schout Heyne, atau Heijna, Scothena, ataoe “Tuan Sekotena”), kerap diseboet-seboet, kerna diaorang soenggoe berang atas perilakoe Pitung di tanah Batavia. Apalagi orang bilang bahoewa Pitung kebal dari peloeroe. Pada soeatoe hari, goeroenja Pitung jang bernama H.Naipin diteken oleh kompeni soepaija kassie resia paling ampoeh oentoek boenoeh Pitung. Dalem desakan jang kedjem, H.Naipin bri taoe perkara dimana letak kelemahannja Pitung, jakni di djimat kerisnja, sehingga kesaktian-nja mendjadi lemah dan tida bertenaga. Versie laen jang tida kalah interessant mengatakan bahoewa djimat Pitung ada di ramboetnja, zo tatkala ramboetnja Pitung dipotong, maka diaorang langsoeng ta' berdaja dan moeda dita'loekken.


Djasad deripada Pitung itoe laloe moesti dipotong, dan dipisahkan ke berbagei locatie di Djakarta. Konon ada jang di Sawangan Depok, djoega dalem Hoetan di Djatidjadjar Depok, dan sekarang locatienja brobah mendjadi Kompleks dari
Kantoor Arsip Kehoetanan. Kitaorang aken samperin satoe Koeboeran Pitung, jang letaknja agak "di dalem kota" jakni di tepi djalan Kampong Rawa Belong. Kitaorang senantiasa denger dan dibriken gambaran tentang roepa Si Pitung,

seperti di gambar idoep (film) jang dibikin sekitar tahoen 1970an, jang dimaen kan oleh Dicky Zulkarnaen: Ganteng, Tinggi, Badan Atletis, Bertoeboeh Koeat. Tetapi menoeroet Tanu Trh dalem madjalah "Intisari" berdasarkan penoetoeran iboenja jang kerap ditjeritaken oleh kakeknja, dikatakan bahoewa Pitung tidalah sebesar dan segagah itoe. Perawakannja ketjil sadja, dan roepanja (wadjahnja) tida setampan Dicky Zulkarnaen. Koelitnja item, dengan tjiri chas: djambangnja nan tipis dengen oedjoengnja jang melingker ke depan (wuiiih netjis djoega jah)

Soeatoe hari Pitung pernah digrebek roemahnja oleh pulisi van Hinne, seloeroeh roemah dioebeg-oebeg, namoen Pitung jang ditjari ta koendjoeng ditemoekoen. Sasoeda kompeni dan anak boeahnja pegi, Seketika Pitung keloear dari tempat diaorang semboeni. Tida heiran banjak jang mengira kaloe-kaloe Pitung poenja achli linjapkan badan, padahal menoeroet tjeritera si kakek tadi, kerna Pitung
badannja ketjil en moengil, maka diaorang dapet dengen pandai masoep dalem tempat jang sempit, jang orang laen moengkin soeker oentoek moeat di sitoe. 

Klaar koeliling "roemahnja" Si Pitung di Kampong Maroenda, kitaorang samperin mesdjid jang soeda berdiri sedari tahoen 1600an awal, tatkala itoe Pasoekannja Mataram serboe kota Batavia en sijap serang Tentera VOC-nja Toean JP.Coen, marika para Pasoekan Mataram djadiken itoe mesdjid sebagei markas pasoekan. Tiada ada orang jang tahoe precies perihal kapan tepatnja itoe mesdjid dibikin. Sebahagian orang pertjaja kaloe-kaloe itoe mesdjid ada begitoe sadja setjara alamiah, itoe kenapa di kamodian harinja, nama mesdjid dinamaken "Al Alam". Banjak jang bilang, Pitung kerap diriken sholat poen mengadji di itoe mesdjid.

Dari "roemah" ataoe "museum" dan "mesdjid" Si Pitung, kitaorang sigra pegi ke Kampong Toegoe, tempatnja orang-orang "Mardijkers" (jang dimerdekakan dari boedak-belian djikaloe maoe pindah agama, dari Katoliek ke Kristen Protestan) Marika lama dikenal sebagai "Portuegese Hitam", jakni boedaknja Portugis jang didatengin dari bermatjam tempat di belahan boemi jang mendjadi kolonie-nja
Portugis, saperti: Pantai Malabar, Calcutta, Surate, Koromandel, Goa, Ceylon (Sri Lanka). Mardijker di sini poenja makna "bebas", jang asalnja dari bahasa Sangkrit: "mahardika". Kata Mardijker kamodian dipoengoet ke dalem bahasa Indonesia mendjadi kata "merdeka" namoen dengan makna jang amet berbeda iaitoe "bebas dari pendjadjah "(Belanda)". Moela-moela pada paroh abad ke-17 marika ditempatkan di Portuguese Kerk (Geredja Portugis) di deketnja bilangan Mangga Doea dan Djakarta Kota, setelah dibojong dari tempat-tempat jang di-seboet di atas (sekitaran India), laloe sebagian besar dari marika mahoe pindah ke Kampong Toegoe. Konon kata orang, itoe nama Kampong Toegoe berasal dari penggalan nama: PorTUGUese, iaitoe kampongja orang Portugis (si boedak hitam).

Hoeboengan Bangsa Portugis dengen "Indonesia" sesoenggoehnja soeda lama ter-djalin. Pemakaian tanda koetip pada hoeroep indonesia itoe kerna pada itoe tempo blon ada "negara" Indonesia, jang baroe bener-bener "ada" sedjak 17 Augustus 1945. Selama 1 abad sebelom Bangsa Belanda dateng ke boemi Noesantara, Bangsa Portugis soeda lakoeken contact dagang en sociaal dengen banjak soekoe di Noesantara. Poen boekti artefaak sedjarahnja masih ada hingga sekarang. Seboeah batoe "Padrao" jang dipakei oentoek saksi pernjataan kerdjasama, antara Portugis dengan Keradjaan Radja Soenda, dapet kita saksiken di Museum Nasional (Museum Gajah) di Jl.Medan Merdeka Barat. Itoe batoe digoenaken sebagei boekti kesepakatan perdjandjian kedoea "negara".

Moengkin tida banjak jang tahoe kaloe-kaloe selaen bahasa Arab, Inggeris, Belanda dan Melajoe, bahasa Indonesia djoega banjak dipengaroehi oleh bahasa Portugis. Amat banjak tjontoh jang bole dibriken, diantaranja: bola, pena, roda, ronda, sisa, tenda, tinta, maco. Laloe kosakata jang alami perobahan oetjapan: bangkoe (banco), bantal (avental), kaldu (caldo), bendera (bendeira), boneka (boneca), jendela (jenela), mentega (manteiga), dll.

Ach, soenggoe bagoes betoel itoe tjeritera-tjeritera masa silam Djakarta di tempo doeloe, apalagi djikaloe kitaorang samperin sebari dengerin muziek chas bilangan Kampong Toegoe itoe, siapatah jang tida kenal: "Krontjong Toegoe"? Kitaorang aken persembahken dengen hati seneng satoe pagelaran "mini-concert" itoe orkes "Cafrinho Toegoe" jang dojan ber- senandoeng lagoe langgam krontjong jang ada enak soearanja empoek soenggoe merdoe, jang akan dilantoenken di depannja Geredja Toegoe tatkala kitaorang santap siang dengen menoe makanan jang njam-njam dan digoejoer aer poetih dingin bikin rerongkongan adem :)

Yang paling enak dalam hidup apalagi kalo ga dapet gratisan. Apalagi kalo itu manyangkut kesenangan, hobi atau pekerjaan kamu. Nah, apa bagi desainer Grafis yang butuh banyak "Simpenan" hehehehe...kaya gambar, pola, font, dan lain-lain. So, ini gw kasih 8 font gratisan terbaru yang mungkin bisa kamu pake dalam desain fantastik kamu. So check this out!

Morning Glory

fonts

FoglihtenNo01

fonts

Rawengulk

fonts

Janda Curlygirl Serif

fonts

Learning to Trust

fonts

Lobster Two

fonts

Limelight

fonts

OSP DIN

fonts

by Fahri Salam on Monday, June 6, 2011 at 7:08am
CISALADA sebuah perkampungan tipikal provinsi Jawa Barat. Ia
dikelilingi sawah dan kebun, sekira 20 kilometer dari kota Bogor.
Warga bekerja petani, sebagian pensiunan. Kehidupan berjalan tenang
dan lambat. Menjelang sore, anak-anak bermain di lapangan bulutangkis,
sebelah madrasah, dan bersama orangtua menuju masjid guna ibadah
maghrib. Suasana terlihat normal sampai kemudian, di tengah
meningkatnya kekerasan minoritas agama, warga Cisalada berselimut
ketakutan dalam arus kebencian anti-Ahmadiyah saat penyerangan awal
Oktober 2010.

Para penyerang dari dua kampung tetangga, tak lebih 500 meter. Mulanya
30-an remaja, usia 14-17 tahun, berusaha membakar masjid tapi segera
dihentikan warga Cisalada. Lantas, disulut isu membela diri atau sudah
dirancang sebelumnya, 300-an orang dewasa berdatangan dan menjadikan
Cisalada panggung parade kebencian.

Mereka melempar batu dan bom molotov. Mereka membakar sebagian rumah
dan bangunan masjid, isi rumah dijarah, kaca jendela pecah, pintu
dirusak. Sekira 50 Al-quran dilalap api. Madrasah dibakar. Mereka
teriak: “Podaran!” “Ahmadiyah anjing!” seraya takbir—di sisi serupa
warga Cisalada mengucapkan “Astaghfirullah” sembari sembunyi di kebun
belakang rumah atau lari ke sawah. Pada akhirnya, polisi dari kantor
terdekat, sekira 20 menit dari lokasi kejadian, datang dua jam
kemudian. Itu sangat terlambat. Alasan polisi: jalan diblokade. Hingga
tengah malam api masih berkobar sejak prakarsa serangan dimulai pukul
19:00. Saat bersamaan pula saluran air dari sumber telaga dimatikan
lebih dulu.

Ini hempasan balik relasi sosial yang hancur berantakan seketika.
Warga Cisalada sulit percaya dengan terus mengatakan, “Apa salah
kami?” dan menambahkan, “Sebelumnya hubungan kami baik-baik saja.”
Terimakasih kepada presiden Yudhoyono yang mengizinkan menteri agama,
menteri dalam negeri dan jaksa agung meneken surat keputusan bersama
anti-Ahmadiyah 2008. Alih-alih mengurangi kekerasan, surat keputusan
pelarangan itu justru mendorong intensitas persekusi terhadap muslim
Ahmadiyah.

Sejak beleid itu diterbitkan, dokumentasi Setara Institute, lembaga
nonpemerintah yang mengkaji kebebasan beragama, jumlah kekerasan
terhadap Ahmadiyah melonjak 286 kasus dalam kurun 2007 hingga Agustus
2010. Ini ditopang lemahnya penegakan hukum di Indonesia yang
koruptif. Para pengikut Islam garis keras, benih yang ditanam tahun
1970-an, mengkonsolidasikan diri lewat mobilisasi vertikal dalam
saluran mesin birokrasi dan lembaga legislatif. Momentumnya sangat
tepat di era transisi yang gampang goyah, bahkan sesudah 13 tahun
euforia jatuhnya pemerintahan militer Soeharto pada 1998. Muslim
Ahmadiyah Indonesia menjadi sasaran yang seakan mudah dibidik.

Sikap pemerintahan Yudhoyono, memberi ruang lebih besar bagi ekspresi
politik intoleran, telah membawa kehancuran permanen mitos “Indonesia
negara muslim terbesar yang demokratis.” Kenyataan bahwa presiden
“membuka pintu hati, pikiran kami,” untuk menampung “pandangan,
rekomendasi dan fatwa” dari MUI, sembilan bulan setelah dia dilantik,
menjelaskan arah kebebasan beragama di negara ini. Terkesan tanpa
memerhitungkan implikasi dari sikap tersebut, kita menyaksikan
kekerasan demi kekekerasan terhadap minortas agama bersama pelanggaran
hak sipil dan politik yang lain.

Mari melihat dari jarak terdekat. Sekira 300 muslim Ahmadiyah di
Lombok terpaksa mengungsi sejak gelombang pengusiran 10 tahun
terakhir. Sekira 36 kepala keluarga mengungsi di Transito, sebuah
bangunan pemerintah di Mataram. Mereka hidup sebagai internally
displaced persons. Anak-anak terpaksa terhenti kegiatan sekolah,
sebagian ditampung orangtua asuh di Jawa Barat, betapapun ejekan dan
kecemasan terus menguntit. Ironisnya Jawa Barat, yang memiliki sejarah
gerakan negara Islam, ialah wilayah dengan jumlah pelanggaran
tertinggi untuk kasus intoleransi kebebasan beragama. Tak satu pun
para pelaku serangan di Lombok dihukum serius.

Pola itu terus berulang. Massa yang jauh lebih besar dihasut lewat
seni menebar kebencian. Ia juga digerakkan organisasi Islam
berpandangan Wahhabisme yang memobilisasi penyerangan kantung-kantung
komunitas muslim Ahmadiyah. Kebencian terhadap Ahmadiyah meluas
sekaligus menajam. Di bawah payung fatwa “sesat” Majelis Ulama
Indonesia pada 2005, sebuah lembaga semipemerintah, plus SKB
anti-Ahmadiyah, mereka bertindak dalam semangat kebal hukum.

Dari setiap peristiwa persekusi itu aparat kepolisian melakukan
pembiaran, bahkan lebih sering meminta komunitas Ahmadiyah untuk
mengungsi; bukan mengusir para penyerang. Namun polisi menolak
anggapan tak bekerja serius. Itu terjadi saat 2005 sewaktu penyerangan
di Parung, pusat kegiatan Ahmadiyah, hingga serangan dua jam di
Cisalada. Tak sedikit kasus yang melibatkan pejabat lokal.

Negara abai melindungi muslim Ahmadiyah selain mengukum para pelaku
kekerasan. Sebuah gelembung anti-Ahmadiyah kian membesar. Dampak
seterusnya ialah pembunuhan terhadap tiga Ahmadi—sebutan muslim
Ahmadiyah—di Cikeusik pada 6 Februari 2011. Ia adalah bom waktu.

Itu siklus kekerasan yang jauh lebih mematikan. Para penyerang,
berjumlah 1,500-an, datang bergelombang dari dua arah. Melihat sasaran
rumah yang semula “dikosongkan” tapi kemudian berisi 20-an pemuda
Ahmadi, lantas melakukan pembelaan diri, mereka mengobarkan balasan
serangan lebih massif. Selain tiga korban tewas, lima orang terluka,
sebuah rumah dihancurkan dan dua mobil dibakar. Seorang warga Cikeusik
turut menjadi korban luka. Kini 12 tersangka dari pihak penyerang
menjalani proses sidang. Sementara seorang muslim Ahmadiyah ditetapkan
tersangka, sinyalemen viktimisasi terhadap korban, pola serupa untuk
kasus Cisalada.

Sejak organisasi keagamaan ini berbadan hukum pada 1953, bernama
Jemaat Ahmadiyah Indonesia, hadir pada 1925 semasa Hindia Belanda,
belum pernah kekerasan itu terjadi “sistematik dan meluas” dalam
sepuluh tahun terakhir. Itu indikasi adanya unsur utama “kejahatan
terhadap kemanusian,” menurut laporan sementara Komnas HAM 2002-2007.
Ia membutuhkan perhatian serius dari sebagian besar masyarat Indonesia
bila tak jatuh dalam situasi lebih menyulitkan seperti Pakistan.
Banyak pandangan beranggapan kecenderungan menyeluruh intoleransi
kebebasan beragama di Indonesia kini menuju apa yang dinamakan
‘Pakistanisasi’. Ada hubungan ideologi yang spesifik dan jelas antara
organisasi anti-Ahmadiyah di Indonesia dan Pakistan.

Sekarang “sebatas” peraturan bersama anti-Ahmadiyah, plus sekurangnya
19 peraturan daerah di bawahnya. Lain waktu—jika kita berdiam diri,
tak menutup peluang tekanan keyakinan Ahmadiyah “di luar Islam”
diakomodasi lewat undang-undang. Sementara pesan itu telah mengisi
mimbar kebencian anti-Ahmadiyah, dalam batas tertentu media-media
turut mengobarkannya.

Ada sedikit informasi proporsional tentang muslim Ahmadiyah. Media
mengedepankan “realitas psikologis,” mengutip ujaran memojokkan dari
para pejabat dan tokoh radikal Islam terhadap Ahmadiyah, tanpa sikap
menapis kesalahan tersebut. Media juga melakukan swasensor dengan
menyebut “bentrokan” ketimbang “penyerangan.” Wartawan bersikap bias.
Banyak contoh pemberitan tentang muslim Ahmadiyah justru terperangkap
dalam strategi sensasional organisasi-organisasi Islam militan.

Kini taruhannya adalah demokrasi itu sendiri. Selagi media-media
meliput kejadian besar tentang pembunuhan di Cikeusik, berselang dua
hingga tiga minggu yang lekas ditinggalkan, kasus serangan di Cisalada
belum sepenuhnya surut. Polisi menahan tiga tersangka dari pihak
penyerang. Mereka dikenakan tahanan rumah dan, pada vonis persidangan
di pengadilan negeri Cibinong, mereka dihukum ringan 4-6 bulan;
seketika itu masa hukuman telah selesai. Sementara seorang terdakwa,
bernama Nuryamin, harus menjalani tahanan, dua hari setelah serangan.
Ia diduga menusuk seorang penyerang, remaja usia 15 tahun. Pada 18
April 2011, hakim memvonis 9 bulan penjara. Jaksa mengajukan banding.

Pada sidang-sidang itu massa pengunjung melewati rumah-rumah Ahmadi di
komunitas lebih kecil di sekitar Cisalada. Pada pusaran menentukan,
serangan itu menyisir. Hanya satu kilometer dari Cisalada, kampung
komunitas kecil Ahmadi itu diserang. Pada 12 Maret ancaman menjalar.
Esoknya, pukul 20:30, serangan pertama. Pada 16 Maret, serangan kedua.
Akhirnya, melibatkan tokoh kyai berpaham Wahhabi serta tokoh lokal
setingkat RT, ancaman lebih serius menguat. Pada 5 April, selagi 5
rumah itu sudah dikosongkan, serangan ketiga terjadi, pukul 23:30.
Hingga akhir Mei, saat saya mengunjungi 28 pengungsi, termasuk
anak-anak, mereka belum dapat kembali. Tawarannya satu: mereka boleh
ke rumah masing-masing asalkan “pindah dari Ahmadiyah.”

Saya bertemu dengan seorang korban serangan tersebut. Ia mengajak saya
mendatangi rumahnya pada siang hari. Ada tulisan “Ahmadiyah Anjing” di
tembok warung kelontong miliknya. Itu warung menjadi sumber pendapatan
keluarga dia. Dia sulit percaya: “Apa salah kami?”*

Tautan tambahan:
http://www.hrw.org/en/news/2010/06/01/pembantaian-minoritas-ahmadiyah-di-paki...

Ini mungkin udah banyak yang angkat, but kali ini saya cuma mau memulainya dari sisi saya aja, maklum, udah pagi, suntuk dan ga ada kerjaan. Seperti di ketahui HTC baru saja mengeluarkan tablet baru. saya pikir dia akan menyaingi XOOM atau GalaxyTab 10" karena moment keluarnya saat tablet layar lebar mulai banyak bermunculan, tapi kenyataannya dugaan saya salah, HTC mengeluarkan tablet 7" dimana pangsa pasarnya sudah di kuasain GalaxyTab 7" untuk kalangan android.

Steve Job boleh saja mengatakan tablet 7" akan gagal tapi kenyataannya GalaxyTab 7" memang menginspirasi produk lain, termasuk produk Cina, untuk membuat tablet dengan ukuran yang sama, bahkan dengan kemampuan yang mirip. 

Kelebihan dari GalaxyTab 7" memang ada pada spesifikasinya yang serba nanggung, tablet kekecilan, handphone kebesaran, tapi spesifikasi yang nanggung bukan berarti tidak diminati, kenyataannya malah sebaliknya, tablet 7" ini malah menjadi alat serba guna layaknya swiss army knife. bisa baca, dan kalo kepepet bisa kirim sms dan telepon, di sisi lain ukuran 7" membuat tangan dapat meng-grip tablet ini dengan kuat dan stabil. Dititik inilah saya kira kesuksesan dari GalaxyTab 7" dan tablet ukuran 7"

Kembali ke HTC FLYER, saya sendiri menyambut produk ini dengan antusias, karena spesifikasinya yang mumpuni banget, processor 1,5 GHz dan Ram 1 GB. Selayaknya PC, mungkin udah ada yang pernah dengar kalo Android suka di sebut sebagai "PC in your hand", maka spesifikasi jeroan menjadi hal yang penting, seperti processor dan RAM. Di kasus ini HTC FLYER memberikan sikutan yang berarti bagi GalaxyTab 7". Ini juga yang membuat HTC FLYER bisa menjalankan aplikasi yang lebih mumpuni ketimbang GalaxyTab 7" termasuk mengambil gambar dan video dengan resolusi lebih tinggi dari GalaxyTab 7".

Sayangnya HTC FLYER malah tidak memasukkan fitur telepon dan sms.Selain Processor dan RAM yang mumpuni, scribe pen yang terkolaborasi dengan software HTC memang membuat FLYER jadi menarik tapi kesan tablet serba guna jadi hilang tanpa adanya telepon dan sms, kesan ini juga makin terasa dengan dihilangkannya lampu blitz pada kamera FLYER seperti yang dimiliki GalaxyTab 7"

Banyak yang bilang GalaxyTab 7" cuma handphone samsung galaxy yang layarnya dibesarkan, kenyataannya memang demikian. Setelah menggunakan samsung epic 4g selama beberapa bulan ini saya sendiri suka ngini dengan handphone HTC yang RAM nya bisa lebih besar dari 512 mb. namun yang menarik, setelah keluatnya GalaxyTab 10" menjadi sangat jelas difrensiasi market antara GalaxyTab 7" dan GalaxyTab 10". GalaxyTab 7" untuk pengguna handphone yang ingin layar lebih besar biar nyaman untuk baca buku dan browsing juga presentasi singkat, sedang GalaxyTab 10" untuk pengalaman yang lebih baik dalam bekerja mobile, karena itu banyak pengamat yang mengatakan tablet 10" adalah netbook killer.

Sekali lagi ini adalah komentar saya terhadap Membandingkan HTC FLYER dan GalaxyTab 7". Saya sendiri tidak menggunakan keduanya. mungkin ada yang sudi menambahi...


Misalkan begitu anda tiba di tempat kerja baru sadar kalo handphone Android Anda ketinggalan padahal ada suatu kepentingan yang memerlukan SMS, apa yang akan anda lakukan?

  1. Pulang ke rumah untuk ambil HH dan balik ke kantor
  2. Telp si Mbok untuk anter HH ke kantor
  3. Teleport ke rumah
  4. Pasrah
  5. Tidak memilih a-d karena ada extension Push Contacts di Browser Chrome

Kira2 pilihan anda yang mana?
Kalo saya akan memilih (5). Kenapa? sebab dengan aplikasi dan extension Push Contacts kita bisa berSMS tanpa menyentuh andphone Android, hanya melalui browser Google Chrome plus gTalk.
Bagi yang sudah menggunakan Google Chrome, bisa menginstal aplikasi Push Contacts dan atau pasang Push Contacts extension  selanjutnya jangan lupa install aplikasi Push Contacts di android kesayangan anda.

Untuk tau cara penggunaannya, silahkan disimak video berikut di youtube