Welcome to our website !

Sebuah artikel yang menarik saya temukan terkait membangun brand oleh Hermawan Kertadjaya. Artikel ini di tulis oleh Alina Mustaidah di website bisnisukm.com. saya mencoba menyadur dan meringkas artikel ini agar lebih mudah dan cepat dibacanya :D So, selamat membaca yah.

“Adakah perusahaan, yang ketika dia tutup dan produknya sudah tidak keluar, konsumen akan sedih?” itu pertanyaan Hermawan kertadjaya. Jika Anda menemukan jawabannya, itulah produk pemilik brand (merk) yang sangat kuat. Menciptakannya, tentu saja tidak cukup hanya dengan beriklan. Baik itu di media cetak (printing ad), iklan luar ruang (outdoor), maupun iklan-iklan model baru.

Membangun brand yang kuat perusahaan tidak boleh hanya mengandalkan iklan. Perusahaan harus melakukan sesuatu yang mengena di benak konsumen, tidak sekadar menjual tetapi memiliki implikasi jangka panjang.
Perusahaan yang memiliki reputasi bagus tidak lagi memerlukan promosi, marketing, public relation, atau corporate social responsibility (CSR) karena hal itu telah terjadi dengan sendirinya. Cara baru membangun brand adalah dengan membentuk bisnis yang dicintai oleh oleh konsumen juga karyawan perusahaan.

Hal ini terkait reputasi. Bagi customer, reputasi yang baik akan menentukan keputusan membeli. Bagi karyawan perusahaan, nama baik akan memicu mereka untuk loyal dan berkomitmen. Selain itu, nama baik juga akan menarik media untuk terus mengikuti perkembangan.

contoh dari reputasi yang baik ini adalah The Body Shop dan Apple. The Body Shop, dikenal sebagai produk yang ramah lingkungan sehingga bisa mengambil simpati konsumen di seluruh dunia. Selain itu, Anita Roddick, pencipta merek tersebut, dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup dan bisnisnya juga sangat concern terhadap perekonomian dunia ketiga.
Sedangkan produk-produk Apple dikenal memiliki reputasi tersendiri dibanding produk elektronik sejenis. Bahkan saat ini, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs itu telah menjual jutaan keping produknya dan menciptakan konsumen yang loyal.
Dalam membangun brand yang kuat, harus dimulai dengan menyinergikan pikiran, hati, dan jiwa, yang lantas diimplikasikan kepada model bisnis dengan menciptakan misi, visi, dan nilai. Misinya, perusahaan bisa memberi manfaat kepada manusia dan lingkungan. Visinya, perusahaan bisa menjadi yang terdepan dalam menciptakan inovasi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dan nilainya adalah menciptakan nilai keekonomian, lingkungan yang sehat, dan mendukung perkembangan sosial.
Menurutnya, perusahaan perlu melakukan usaha-usaha untuk mempertahankan diri bagi orang-orang yang mencintai perusahaan. Akhirnya, perusahaan akan mampu menciptakan brand-nya akan mempunyai brand integrity, brand identity, dan brand image.
Mengetahui peta pengguna eCommerce di asia pasifik dari sebuah survey yang dilakukan oleh Martercard. link lengkapnya bisa di diliat disini.


"Coffee cup sekali pakai ini butuh waktu sebulan membuat-nya dan dijual hingga ratusan dollar."


Bagaimana anda memperlakukan sebuah Coffee cup yang terbuat dari steriofoam?  minum isinya, lalu buang? yah itu lah nasib sebuag Coffee cup sekaliu pakai. Tapi di tangan  Cheeming Boey, artis kelahiran malaysia yang sekarang bekerja di California, Coffee cup sekaliu pakai ini menjadi sebuah karya yang menakjubkan, hingga Anda sayang untuk membuangnya, bahkan mungkin untuk mengisinya dengan kopi.

Boey. 34 tahun, sudah menjual coffee cup nya itu selama 6 tahun, dan ada yang menghargainya hingga $1,250 atau sekitar 12 juta rupiah. Gambar-gambar yang dibuatnya dengan detail.dan mengelilingi coffee cup tanpa putus.

Hal ini mungkin bisa menjadi ide buat Anda, dari sesuatu yang terlihatbiasa saja, bisa kita design sehingga memberikan kesan emosional kepada client anda, membuat mereka terkesan dan mengingat selalu product Anda.

Image yang lainnya:

Saat ini dunia usaha menggeliat dengan makin banyak bermunculan bisnis-bisnis baru, bisnis barang atau jasa baik bidang formal ataupun informal. Bersamaan dengan itu fasilitas Internet di Indonesia juga semakin baik. Banyak yang beranggapan sudah saatnya memanfaatkan internet untuk berbisnis namun disisi lain banyak juga pengusaha yang merasa tidak ada alasan usahanya, apalagi yang masih berkembang, menghambur-hamburkan uang untuk membuat website.

Sayangnya, walaupun sudah banyak yang tahu bagaimana bentuk website tapi belum banyak yang tahu apa manfaat website bagi bisnis yang kita jalani. Kali ini saya kan memberikan 10 alasan yang mungkin dapat membantu pertimbangan Anda untuk membuat website pada bisnis Anda:

1. Website membuat bisnis Anda buka 24 jam/hari dan 7 hari/minggu.



Jika Anda punya Toko, berapa lama waktu oprasionalnya? dari jam 10 jam? bagaimana dengan sabtu dan minggu? Website membuat jam oprasional bisnis Anda menjadi 24 jam/hari dan 7 hari/minggu. setiap pengunjung yang datang ke website Anda dapat mengetahui bentuk usaha/bisnis Anda, melihat katalog produk, dan mengetahui informasi yang dibutuhkan walaupun diluar jam oprasional usaha Anda.


2. Website adalah brosur/katalog online Anda, yang dapat dirubah kapan saja

Dalam setiap bisnis/usaha pasti kita perlu membuat brosur. Membuat brosur cetak bukanlah perkara mudah, dia memerlukan biaya yang tidak sedikit dan jika ada perubahan informasi didalamnya sisa brosur tersebut akan sia-sia. Website adalah tempat yang mudah, cepat dan murah untuk meng-update brosur bisnis Anda dibandingkan brosur cetak. Kapasitas Informasi yang Anda ingin sampaikan juga lebih besar, sehingga klien Anda mendapatkan informasi mengenai bisnis Anda dengan lebih konprehensif. Hal ini juga dapat menghemat untuk biaya cetak dan distribusi brosur.


3. Meraih pangsa pasar baru dengan pengunjung global.

Di Internet, bisnis Anda tidak lagi hanya akan dikenal dalam lingkup lokal saja, tapi juga gelobal. Bisnis Anda berpotensi dikenal oleh jutaan orang dari seluruh dunia. Ya, Internet adalah tempat yang paling efektif untuk transaksi baik nasional, maupun internasional.


4. Meningkatkan pelayanan terhadap klien/pelanggan.

Dengan membuat layanan tanya-jawab di website Anda, penjualan dan indormasi dapat di proses secara otomatis dan saat itu juga walaupun tidak ada orang di kantor. Dengan formulir online, klien/pelanggan diperbolehkan untuk bertanya tentang informasi lebih lanjut yang diinginkannya. Hal seperti memberikan klien/pelanggan untuk dapat mendownload invoice/faktur, proposal atau dokumen penting lainnya juga akan sangat menghemat biaya.


5. Mempresentasikan Profesional Image.

untuk usaha kecil atau menengah, disain website yang baik dapat meningkatkan percaya diri dan terlihat lebih besar dari yang sebenarnya. Zaman sekarang, pelanggan sudah berfikir bahwa setiap produk atau bisnis memiliki website. Saat ini kompetitor utama Anda mungkin sudah hadir di Internet, jika iya, lakukan hal yang sama dan cari cara agar Anda lebh baik dari mereka.


6. Menjual produk Anda.

Mengapa harus membayar lebih mahal biaya sewa, listrik, dan lainnya seperti bisnis zaman dulu. Berjualan secara online lebih murah dan cara yang baik untuk mendampingi bisnis offline Anda. membuat keamanan dalam pemesanan online juga tidak terlalu mahal, bahkan untuk usaha kecil sekalipun.


7. Promosikan layanan Anda.

Pengacara, Dokter, Konsultan, artis dan semua bisnis dibidang jasa harus memberitahukan kepada para pelanggan, bahwa mereka punya pilihan. Jutaan pengguna mencari refrensi dari website dan melihat ke website-website perusahaan sebelum mereka memutuskan kapan mereka memerlukan layanan dibidang jasa yang akan digunakan.


8. Mengumpulkan Informasi dan mendapatkan masukan yang bernilai.
Anda dapat mengumpulkan informasi dari pelanggan dan pelanggan potensial Anda dengan menggunakan formulir dan survey online yang bisa dipasang di website Anda daripada harus bersusah payah keluar kantor dan meminta setiap orang satu persatu. Biarkan pelanggan Anda yang datang. Ini adalah alat yang bagus untuk mengetahui cara pandang pelanggan anda melihat produk dan layanan jasa Anda.

9. Merikan Kepuasan lebih cepat.

Orang zaman sekarang sangat sibuk, mereka tidak mau menunggu lama untuk mendapatkan informasi. Berikan apa yang mereka inginkan saat mereka mengiginkannya melalui wensite perusahaan Anda. Jika produk Anda cocok, Anda bisa memberikan contoh gratis atau ujicoba selama beberapa waktu untuk di download. Hal ini termasuk brosur, gambar, musik, power point, dan lain-lain.


10. Alat perekrut yang bagus
Saat Anda membutuhkan pegawai atau ingin menampilkan lowongan kerja, website Anda adalah alat yang bagus untuk membangun usaha Anda.

Mirza
Mashable
Inline image 1
Mashable
Inline image 1

ibrandstudio 
Inline image 2

ibrandstudio
Inline image 3

brandignity
Inline image 4

ibrandstudio
Inline image 5

ibrandstudio
Inline image 6

ibrandstudio
Inline image 8

ibrandstudio
Inline image 9

ibrandstudio
Inline image 11

ibrandstudio
Inline image 12

mshcdn
Inline image 13

ibrandstudio
Inline image 14

ibrandstudio
Inline image 15

Inline image 1
Polisi (P) : Selamat siang mas, bisa lihat Sim dan STNK ?
Sopir (S) : Baik Pak.
P : Mas tau kesalahannya apa ?
S : Gak Pak.
P : Ini nomor polisinya gak seperti seharusnya (sambil nunjuk ke plat nomor taksi yang memang gak standar) sambil langsung mengeluarkan jurus sakti mengambil buku tilang, lalu menulis dengan sigap.
S : Pak jangan ditilang deh. Wong plat aslinya udah gak tau ilang kemana. Kalo ada pasti saya pasang.
P : Sudah saya tilang saja. Kamu tau gak banyak mobil curian sekarang ? (dengan nada keras !!)
S : (Dengan nada keras juga) Kok gitu ! Taksi saya kan ada STNKnya Pak. Ini kan bukan mobil curian !
P : Kamu itu kalo dibilangin kok ngotot (dengan nada lebih tegas). Kamu terima aja surat tilangnya (sambil menyodorkan surat tilang warna MERAH).
S : Maaf, Pak saya gak mau yang warna MERAH suratnya. Saya mau yang warna BIRU aja.
P : Hey ! (dengan nada tinggi), kamu tahu gak sudah 10 hari ini form biru itu gak berlaku !
S : Sejak kapan Pak form BIRU surat tilang gak berlaku ?
P : Ini kan dalam rangka OPERASI, kamu itu gak boleh minta form BIRU. Dulu kamu bisa minta form BIRU, tapi sekarang ini kamu gak bisa. Kalo kamu gak mau, ngomong sama komandan saya (dengan nada keras dan ngotot)
S : Baik Pak, kita ke komandan Bapak aja sekalian (dengan nada nantangin tuh polisi)

Dalam hati saya, berani betul sopir taksi ini.
P : (Dengan muka bingung) Kamu ini melawan petugas ?
S : Siapa yang melawan ? Saya kan cuman minta form BIRU. Bapak kan yang gak mau ngasih
P : Kamu jangan macam-macam yah. Saya bisa kenakan pasal melawan petugas !
S : Saya gak melawan ? Kenapa Bapak bilang form BIRU udah gak berlaku? Gini aja Pak, saya foto bapak aja deh. Kan bapak yang bilang form BIRU gak berlaku (sambil ngambil HP)

Wah … wah …. hebat betul nih sopir ! Berani, cerdas dan trendy. Terbukti dia mengeluarkan HPnya yang ada kamera.
P : Hey ! Kamu bukan wartawan kan ? Kalo kamu foto saya, saya bisa kandangin (sambil berlalu).

Kemudian si sopir taksi itu pun mengejar polisi itu dan sudah siap melepaskan shoot pertama (tiba-tiba dihalau oleh seorang anggota polisi lagi).
P 2 : Mas, anda gak bisa foto petugas seperti itu.
S : Si Bapak itu yang bilang form BIRU gak bisa dikasih (sambil tunjuk polisi yang menilangnya) .

Lalu si polisi ke 2 itu menghampiri polisi yang menilang tadi. Ada pembicaraan singkat terjadi antara polisi yang menghalau si sopir dan polisi yang menilang. Akhirnya polisi yang menghalau tadi menghampiri si sopir taksi.
P 2 : Mas, mana surat tilang yang merahnya? (sambil meminta)
S : Gak sama saya Pak. Masih sama temen Bapak tuh (polisi ke 2 memanggil polisi yang menilang)
P : Sini, tak kasih surat yang biru (dengan nada kesal)

Lalu polisi yang nilang tadi menulis nominal denda sebesar Rp.30.600,- sambil berkata : Nih kamu bayar sekarang ke BRI ! Lalu kamu ambil lagi SIM kamu disini. Saya tunggu.
S : (Yes !!) OK Pak ! Gitu dong, kalo gini dari tadi kan enak.

Kemudian si sopir taksi segera menjalankan kembali taksinya sambil berkata pada saya, : Pak, maaf kita ke ATM sebentar ya . Mau transfer uang tilang. Saya berkata : “Ya, silakan.”

Sopir taksi itupun langsung ke ATM sambil berkata, “Hatiku senang banget Pak, walaupun ditilang, bisa ngasih pelajaran berharga ke polisi itu. Untung saya paham macam-macam surat tilang.

Tambahnya, : “Pak kalo ditilang kita berhak minta form biru, gak perlu nunggu 2 minggu untuk sidang. Jangan pernah pikir mau ngasih DUIT DAMAI! Mending bayar mahal ke negara sekalian daripada buat oknum.

Dari obrolan dengan sopir taksi tsb dapat saya infokan ke Anda sebagai berikut :

SLIP MERAH, berarti kita menyangkal kalau melanggar aturan dan mau membela diri secara hukum (ikut sidang) di pengadilan setempat. Itu pun di pengadilan nanti masih banyak calo, antrian panjang dan oknum pengadilan yang melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai nilai tilang. Kalau kita tidak mengikuti sidang, dokumen tilang dititipkan di kejaksaan setempat. Disini pun banyak calo dan oknum kejaksaan yang melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai tilang.

SLIP BIRU, berarti kita mengakui kesalahan kita dan bersedia membayar denda. Kita tinggal transfer dana via ATM ke nomer rekening tertentu (kalo gak salah no. rek Bank BUMN).

Sesudah itu kita tinggal bawa bukti transfer untuk ditukar dengan SIM/STNK kita di Kapolsek terdekat di mana kita ditilang. You know what ? Denda yang tercantum dalam KUHP Pengguna Jalan Raya tidak melebihi 50 ribu ! Dan dananya RESMI MASUK KE KAS NEGARA. 

Sebagian staf IT harus terus belajar mandiri untuk mengejar perubahan teknologi.
Bicara pekerjaan di bidang IT memang susah. Laporan dari CompTIA tentang keluhan dari jajak pendapat yang diwakili 500 pengusaha dan manager IT terhadap staf mereka. Disebutkan 93% ada kesenjangan antara keahlian dari staf IT mereka. Manager IT mengharapkan  keahlian stafnya mereka benar benar siap dalam pekerjaannya. Tetapi hanya 56% yang mengatakan staf mereka memiliki ketrampilan hampir mendekati dari apa yang manager inginkan.

Saat ini banyak perkembangan teknologi baru. Misalnya sistim Cloud, mobilitas, atau video konferensi. Ada kekhawatiran staf IT masih belum mengetahui banyak hal seperti itu dan masih mengejar pengetahuan baru diatas.

Beberapa manager mengatakan, mereka terkadang menyalahkan diri mereka sendiri. Karena teknologi berubah begitu cepat. 15% responden mengatakan mereka memiliki proses formal untuk mengidentifikasi kesenjangan untuk staf IT mereka. Sedangkan 56% berani menyebut bahwa mereka tidak memiliki proses sama sekali. Staf IT mereka diterima begitu saja, tanpa ada pelatihan yang cukup.

Semakin besar perusahaan akan semakin banyak karyawan. Karyawan biasa akan membawa perlengkapan mereka sendiri ke kantor. Hal ini menyulitkan staff IT dalam beberapa tahun ke depan. Karena departemen mereka harus berjuang sendiri untuk membantu karyawan lain. Microsoft atau Oracle misalnya melakukan pendidikan untuk staf, tetapi dalam kasus lain dimana karyawan harus belajar sendiri.

Bagaimana perusahaan mencari jalan keluar untuk memenuhi kebutuhan teknologi mereka. 57% disebutkan melakukan pelatihan bagi staf, 38% memiliki sumber luar atau kontraktor yang memenuhi kebutuhan mereka, 28% akan mencari staf baru untuk bidang yang dibutuhkan.

Disini kemampuan para karyawan IT harus bertahan dengan perkembangan teknologi. Seorang staf IT tidak bisa menunggu pihak perusahaan mengidentifikasi kekurangan mereka, menyediakan dana, mengorganisasi pelatihan dan hal lainnya. Departemen IT harus bisa mengetahui kekurangan mereka dari diri sendiri. Tantangan bagi sebuah perusahaan, khususnya di bidang IT.  Harus memiliki inisiatif lebih dahulu dibanding orang lain.


http://obengware.com/news/index.php?id=9123 
Baru-baru ini saya liat lowongan yang isinya seperti ini:

We are looking for highly skilled senior front-end developer for immediate interview with the following requirement:1. Excellent communication and writing skills in english2. Currently resides in indonesia3. Able to hand-code beautiful html5/css3 4. Highly experience in responsive design and media queries 5. Advanced knowledge or experience in html5 features such as canvas, local storage, geolocation, etc6. Advanced knowledge or experience in CSS3 animation6. Advanced knowledge or experience in javascript MVC framework (backbone.js or ember.js or knockout.js)7. Advanced knowledge or experience in javascript templating engine (mustache.js or dust.js)8. Advanced knowledge or experience in javascript library such as jQuery, Zepto, Underscore9. Advanced knowledge or experience in AMD concept using require.js 10. Node.js is a plus

Tulisan yang saya spotlight ini menunjukkan mereka membutuhkan seorang JavaScript specialist. Terus terang saya belum pernah liat ada perusahaan yang segitu detilnya membutuhkan specialist JavaScript. JavaScript atau JS, kini bukan lagi script main-main, dibanyak perusahaan website yang kini banyak berkembang di Indonesia, tampilan yang mumpuni dan interaksi website yang responsif menjadi salah satu yang ingin diunggulkan. Lihat saja facebook yang terlihat sederhana tapi memiliki berbagai fitur mengagumkan tapi tetap terasa ringan, malah lebih cepat loadingnya dibandingkan Gmail. Saya baru kenal I made Wiryana yang pernah menuliskan keunggulan JavaScript dan memberi contoh yang bagus-bagus dalam artikelnya, mungkin dia salah satu JavaScript specialist di Indonesia, tapi, siapa lagi?
-- 
Waktu membuat judulnya tulisan ini saya agak bingung apakah seharusnya "Lifestyle movie dalam sebuah promosi Produk " atau "Promosi Produk dalam sebuah lifestyle Movie". Tulisan ini gara-gara sebuah film drama yang dibuat oleh Joko anwar. Ya, Joko Anwar, sineas yang sukses dapet 15 ribu follower di twitter dalam waktu sehari, lebih besar dari harapan sebelumnya, yaitu 10 ribu follower, dan karena harapannya itu, dia harus rela belanja di minimarket dalam keadaan bugil. 

Oke, segitu dulu cerita buat Joko Anawar. Dari blog nya mas Pitra yang saya baca bulan maret ini, saya liat tulisannya tentang sebuah film yang judulnya "Durable Love" yang dia bilang banyak yang sangka ini film mempromosikan produk kondom. Durable Love adalah film pendek dan yup, ini dibuat oleh sebuah brand untuk promosi. Sebenernya film ini dibuat untuk moment  Valentine, pertengahan febuari kemaren, yah karena saya kurang update dan ga 'ngeh' waktu liat bannernya disebuah situs, jadi gak nonton waktu itu, untungnya micrositenya masih buka dan tayangin filmnya. 

Untuk menonton film ini kita perlu mengunjungi websitenya dan 'beli tiket' dengan cara memasukkan data pribadi, seperti nama dan email, yah taulah, itu untuk meng-update database mereka, jadi siap-siap dapet iklan promosi dari brand ini :D, setelah isi data, sistemnya akn mengirim emai yang memberikan link halaman untuk menonton film ini.

Film ini berceritakan seorang cewek yang ketemu cowok idaman, namun kebiasaan  si cowok yang selalu didepan laptop kesayangannya membuat membuat dia merasa di cuekin, akhirnya dia melakukan berbagai hal demi menarik perhatian pacar barunya itu. Usaha untuk menarik perhatian si cowok dilakukan dari cuma negoceh sampe menyiram laptop si cowok dengan air dan membantingnya. At the end, si cewek minta cowoknya memilih dia atau laptop, dan si cowok menjawabnya dengan melindas laptop kesayangannya dengan mobil tapi ga hancur. So, kita bisa tau, kalo film ini mau menonjolkan kelebihan laptop si cowok yang anti air, tahan banting dan gak ancur walau di lindas mobil, setelah selesai filmnya, ditampilkan produk yang dipakai dalam film itu. Oiya, dari tadi lupa ngasih tau brand yang buat film ini, film ini dibuat oleh Acer dan produknya adalah travelmate.

Saya melihat film yang di buat oleh Joko Anwar enak ditonton, ringan dan gak terlalu promosi, yah paling dibagian akhir aja, saat si cowok ngelindas laptop, in my opinion, kelihatan agak lebay :D. Keuntungan dari cara promosi yang dilakukan seperti ini saya kira ada beberapa hal, pertama bisa dapat kontak email pengguna yang ter-verifikasi dan kemudian bisa diteruskan dengan promosi selanjutnya, bisa masuk dan diterima penikmat film yang jumlahnya lumayan besar dan karena nontonnya di internet, maka penontonnya pastinya pengguna komputer atau laptop.  

Membuat sebuah film pendek untuk promosi sudah pernah dilakukan oleh beberapa brand sebelumnya. Lux misalnya, mereka membuat film yang bertemakan perempuan dan menayangkannya sebagai TVC (iklan TV) di TV-TV nasional, disela-sela acara yang ditayangkan. Intel juga sebelumnya pernah mebuat hal serupa dan di sebarkan melalui microsite-nya dan jejaring sosial, seperti youtube. Disisi lain, promosi produk atau brand di film-film bioskop juga adalah hal yang lumrah, misalnya kita liat film yang pemainnya minum minuman yang merk nya sengaja diarahin ke kamera.  Mau bikin film pendek untuk promosi atau berporomosi di film panjang, alias film bioskop, mau menyebarkannya di dunia maya atau di tv nasional, itu kembali ke strategi promosi dan marketingnya lagi sih, mana yang memenuhi tujuannya.

Jujur aja, sudah sejak lama saya bertanya-tanya, mengapa film promosi seperti yang dilakukan Acer tidak di buat oleh produk lainnya terutama Gadget. Film 'Durable love' ini saya kategorikan sebagai lifestyle movie, dimana penonton diajak atau dipandu ke arah sebuah gaya hidup. Ini menarik saya kira, karena ada banyak gadget dengan inovasi baru yang muncul, tapi tidak ada panduan dalam lifestyle-nya sampai sampai dulu ada cerita, saat handphone comunicator muncul dan menjadi tren, banyak yang salah pakai, dimana orang menempelkan telinganya ke sisi handphone yang ada tombolnya, padahal ear speakernya ada dibaliknya. Ada juga kasus Blackberry yang banyak dibeli walaupun mahal tapi dipakai hanya untuk fitur BBM dan malahan hanya buat facebook-an. Di film buatan luar, yang juga masuk disini, kita biasa menikmati lifestyle movie semacam ini, biasanya di film spionase seperti James Bond dan Mission Imposible yang belakangan mereka menggunakan gadget-gadget yang familiar diantara kita. So, apakah ini memerlukan keberanian brand-brand untuk mangambil langkah ini untuk berpromosi atau orang-orang kreatif kita yang belum terfikirkan soal cara ini? 
Pasti udah banyak yang tau dan baca berbagai post di forum sejuta agan, kaskus. nah pernah perhatiin yang namanya 'spoiler' gak? spoiler adalah tulisah yang di 'hide' atau disembunyikan yang gunanya salah satunya untuk menghemat halaman. nah bagaimana caranya? kalo untuk postingan di kaskus kita cukup pakai kode perti ini:
[spoiler=judul]isi spoiler[/spoiler]
tapi bagaimana kalo kita mau buat di log atau di website lain? kita bisa pakai (pakai) kode javascript di bawah ini. agak  banyak, mudah-mudahan ngerti :D
<div> 
    <div style="margin: 5px;">
         <div class="smallfont" style="margin-bottom: 2px;"> 
<i><span style="font-weight: bold;">Judul spoiler </span></i> 
<input value="Show" style="margin: 0px; padding: 0px; width: 60px; font-size: 10px;" 
onclick="if (this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display != '') 
{ this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = ''; this.innerText = ''; this.value = 'Hide'; } else { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = 'none'; this.innerText = ''; this.value = 'Show'; }" type="button"/> 
         </div> 
         <div class="alt2" style="border: 1px inset ; margin: 0px; padding: 6px;">
              <div style="display: none;">
isi spoiler...
              </div> 
        </div> 
   </div> 
</div>

Demo:
Judul spoiler
isi spoiler...

gimana, berhasil?

Pendiri Pownce, Convore dan Grove, Leah Culver,menceritakan kisahnya tentang penggunaan layanan cloud dan mengesampingkan rasa kepemilikan tradisional. Tentunya hal ini sangat mudah dilakukan jika menetap di Amerika Serikat, sedangkan bagi kita di Asia Tenggara, kita hanya bisa bermimpi.

Di sini kita tidak bisa memiliki perusahaan taksi seperti Uber, karena melanggar peraturan, setidaknya begitu di banyak negara (mungkin juga semua). Layanan seperti AirBNB juga tidak bisa beroperasi di sini karena layanan seperti ini membutuhkan tingkat kepercayaan yang sangat tinggi dari kedua belah pihak (dan juga karena peraturan yang berlaku). Pengiriman belanja sehari-hari belum terlalu bisa diandalkan. Layanan seperti Dropbox membutuhkan koneksi 3G yang bisa diandalkan dan tersebar luas. Kita tidak bisa membeli buku lewat Kindle atau iBookstore, tidak ada layanan seperti Rdio, Spotify, bahkan tidak juga iTunes Store.

Hidup di negara dunia ketiga sangat menyebalkan, tetapi ini berarti masih banyak peluang untuk menemukan dan mencari tahu layanan dan produk apa yang bisa dibuat untuk menyelesaikan berbagai masalah tersebut. Itulah tantangan yang harus dihadapi ketika menetap di belahan bumi kita. Orang menjadi sibuk dengan hak-hak yang didapatkan oleh penghuni negara maju yang mengakibatkan kebutuhan dasar di daerah kita sendiri terlupakan. Disinilah para wirausahaan lokal harusnya muncul, mengidentifikasi masalah dan hadir menawarkan solusi terbaik.

Lupakan ide untuk mendirikan tiruan Groupon, lupakan jejaring sosial berbasis lokasi, biarkan mereka yang ada di Silicon Valley yang mengerjakan hal-hal tersebut, tetapi Anda sekalian harus menemukan apa yang bisa digunakan di wilayah ini. Temukan solusi lokal untuk memecahkam masalah dan tantangan yang ada. Sebagai contoh, pemesanan taksi, hotel, konser dan tiket bioskop, lalu contoh lain misalnya menemukan lokasi dokter, klinik, apotek, atau rumah sakit terdekat, atau cara yang mulus dan mudah dalam hal pembayaran tagihan serta transfer dana dari perangkat mobile ke berbagai lembaga finansial. Anda juga bisa memecahkan masalah tentang bagaimana caranya membantu pemerintah untuk memperbaiki lubang-lubang yang ada di jalan umum, atau membantu menemukan dan melakukan ulasan bisnis dan tempat wisata secara online, dan macam-macam lainnya.

Keluarlah dari kota Anda dan lihatlah apa yang ada di negara ini. Temukan apa yang teknologi bisa tawarkan untuk menyelesaikan masalah yang ada. Saya sendiri berharap ada seseorang menghadirkan layanan yang menawarkan solusi untuk mengatur lalu lintas kota dan komuter, setidaknya jika tidak bisa memecahkan kemacetan, bisa membuat perjalanan menjadi lebih baik. Atau ada yang menawarkan layanan yang memudahkan orang mendengarkan musik secara legal daripada mendengarkan cuplikan 30 detik ketika menunggu panggilan telepon.

Sudah lama tidak ada startup yang menarik di sini. Hampir sulit menemukan mereka yang membuat sesuatu yang benar-benar bagus, sesuatu yang besar atau atau sesuatu yang berharga. Kita menemukan banyak konsumsi tetapi kurang kreasi. Mereka yang tampaknya membuat sesuatu yang benar dan berguna bagi masyarakat sepertinya kurang sukses. Banyak sekali talenta teknis dan pengembang di negara ini tetapi tidak banyak ide yang brilian dan berguna yang mendapatkan tindak lanjut secara serius.

Ide tidak selalu harus menyenangkan tetapi harus berjalan. Ide harus punya tujuan, dan ketika menjadi sebuah produk, harus ada masalah yang ingin dipecahkannya karena jika produk tidak memecahkan masalah yang dihadapi oleh orang lain, maka hal itu adalah percuma.

Transaksi online di Indonesia semakin hari semakin meningkat dengan bermunculan website-website toko online, baik yang sederhana hingga yang profesional, dimana didalamnya berisi banyak penjual. Disaat yang sama, penggunaan perangkat mobil yang canggih (smartphone dan tablet) juga memudahkan setiap orang untuk berbelaja online dengan dukungan provider seluler yang memungkinkan pengguna perangkat ini bisa berinternet dimana saja.. 

Mungkin sudah banyak yang tahu kalo banyak dari provider kita telah memberikan layanan pembelian menggunakan pulsa, contoh awamnya adalah membeli RBT. Dengan meningkatnya transaksi yang menggunakan pulsa ini, akhirnya Telkomsel pun mengeluarkan layanan T-cash, yang bisa digunakan untuk bertransaksi di minimarket tertentu, namun mungkin karena cara pengguanaanya yang kurang praktis, layanan ini sepertinya kurang peminat. Pemikiran saya, kenapa layanan seperti ini tidak dipakai dalam transaksi online di eCommerce? sebenarnya bisa, ini cukup membantu mengingat transaksi dilakukan dalam jarak yang jauh (pembeli dan penjual beda daerah). Sayangnya, sepertinya mendaftar sebagai merchand untuk bergabung dalam program ini agak sulit.

Beda lagi dengan transaksi jual beli pulsa yang juga pernah di kampanyekan salah satu provider CDMA, dengan layanan transfer pulsa, kita bisa jualan pulsa yang kita miliki kepada yang membutuhkan, namun tidak semua provider punya layanan ini, provider 3 misalnya, layanan transfer pulsa ini dihilangkan. Layanan ini biasanya juga mengenakan charge kepada si pengirim pulsa, jumlahnya beragam, tergantung kebijakan provider, sehingga keuntungan bertransaksi pulsa seperti ini tidak begitu menarik bagi kebanyakan orang, apalagi hal ini cuma bisa dilakukan dalam satu provider yang sama saja.

Yang cukup berkembang dalam transaksi pulsa ini adalah dengan adanya sebuah perusahaan yang mendistribusikan pulsa dari berbagai oprator ke masyarakat, Awalnya perusahaan ini mendistribusikan melalui warung-warung penjual pulsa, namun sekarang setiap orang dapat bergabung dan menjual pulsa secara individu, layanan ini biasa dikenal dengan "jual pulsa electric". 

Saya kira ada berbagai macam metode transaksi lain yang juga dilakukan dengan pulsa telepon, namun dari 3 contoh transaksi yang saya ceritakan diatas jika ditarik benang merahnya, maka bisa terwujud sebuah transaksi electronik/online menarik, yang menggunakan pulsa sebagai alat pembayaran. Transaksi pembelian online di sebuat website jual-beli dengan pembayaran melalui transfer pulsa yang biasa dilakukan. Tentunya sistim ini hanya bisa terjadi dalam satu provider saja, namun masalah yang lebih penting adalah bagaimana cara meng-uang-kan-nya, jika saja setiap provider membuat cara untuk meng-uangkan kembali pulsa yang dimiliki (cash back), saya kira ini bisa mendorong transaksi online lebih mudah dan bisa jadi sebuah pemikiran untuk provider seluler jika mereka ingin mengembangkan bisnis online payment, atau mungkin layanan seperti telkomsel T-cash bisa dimodifikasi agar setiap orang bisa bertransaksi dengan layanan ini. 

Tulisan ini adalah sebuah ideyang kedepannya mungkin bisa dikembangkan lebih baik lagi. Mungkin saja apa yang saya ceritakan sudah dilakukan atau salah pada kenyataannya. mungkin anda bisa berbagi tentnag ide ini.

<div style="width:425px" id="__ss_9366379"> <strong style="display:block;margin:12px 0 4px">The Language of Interfaces</strong> <div style="padding:5px 0 12px"> View more presentations from Des Traynor </div> </div>

windowslivewritercustomwordpressloginscreen-e72flogin1-ebfb153a-adf9-42c0-925c-6f75d4942be1.jpg

Update (24/8/11): The code below should all still work, but a number of the samples are no longer active, sorry!

The WordPress admin login page is very easy to customize. With the code below, you can add your own CSS to the login page and make it look however you like. Check out the new Pro Blog Design login to see it in action.

Best of all, your customizations are all done in your theme files, so the changes will stay when you upgrade WordPress.

This is the first in a series of WordPress Hacks posts. The code is all done by Milo, and then written up into a blog post by me. There will be a new hack released every Thursday!

1 – Edit Functions.php

Your theme may or may not have a functions.php file in it already. If it does, paste the code below into the bottom of it. If not, just create a blank file in Notepad and save it with that name.

And remember not to leave any space before or after the <?php and ?> tags as you do this!

1 2 3 4 5 6
<?php function custom_login() { echo '<link rel="stylesheet" type="text/css" href="'.get_bloginfo('template_directory').'/custom-login/custom-login.css" />'; } add_action('login_head', 'custom_login'); ?>

2 – Edit Your Theme Files

login-folderWe will need a place to store your new CSS styles and any images you might use. Seeing that they aren’t part of the main site, let’s create a new folder for them.

Create a folder in your theme’s folder and call it “custom-login“.

And inside that folder create a new stylesheet called “custom-login.css”.

3 – Add New CSS Rules

The custom-login.css file will be loaded each time your login page is loaded. That means that any rules you add here will be applied to the login page.

If you add new images, you can store them in your custom-login folder.

However, if you want to re-use images from your theme, just use CSS rules like the following to use the image from your theme’s images folder (That way, your browser won’t need to download the images again as it will already have them cached).

1
html {background:#17272d url(../images/pbd-body.jpg) 0 0 repeat-x;}

A Simple Template Example

The following is the stylesheet I’ve used to create my new login form. It is very, very simple, but it does the trick nicely. I’ve commented it, so feel free to adapt it and use it on your own site.

tbodytbodytbodytbodytbody

Industri Digital merupakan industri yang sedang naik daun sekarang ini, banyak perusahaan Digital yang sukses tetapi dilain sisi tidak sedikit perusahaan digital yang gagal. Berdasarkan para ahli mereka menemukan bahwa perusahaan-perusahaan yang sukses di dunia digital memiliki kesamaan yang membuat mereka sangat sukses, dibawah ini adalah beberapa kunci sukses mereka, antara lain:


1.    Mereka menciptakan produk yang dapat Memecahkan Masalah, Mereka sebelum membuat perusahaan selalu terlebih dahulu melakukan riset mencari tahu apa yang pasar sedang butuhkan saat ini.


2.    Simple & User Friendly, banyak sekali developer digital yang mendevelop produk yang memiliki manfaat yang sangat baik tapi tetap gagal, karena diakibatkan mereka kurang memperhatikan dari sisi design interfacenya, tampilannya kurang simple dan user friendly, orang sulit mencari tombol fungsi yang mereka butuhkan, bahkan ketika sudah sampai disatu pages mereka sulit untuk balik ke pages sebelumnya, akhirnya membuat penggunanya kesulitan dalam menggunakan produk mereka. 


3.    Ciptakan User Experience, mereka yang sukses adalah mereka yang berhasil dalam menciptkan user experience atau istilahnya "Experimental Marketing" dimana si User ingin mencoba setiap fungsi yang Ada di Apps Anda sehingga menimbulkan pengalaman yang menyenangkan ketika orang menggunakan produk Anda. 


4.    Ciptakan Inovasi Baru, sebagian besar perusahaan Digital yang booming karena mereka bisa menciptakan inovasi baru, pengalaman baru. Contohnya seperti Angry Bird dia menciptakan Genre baru yaitu puzzle game dengan misi menghancurkan balok-balok dengan ketapel dan yang menjadi batunya adalah burungnya,  Sifat dasar manusia tertarik terhadap hal-hal yang baru ini yang menyebabkan kenapa orang tertarik menggunakan Applikasi yang memiliki konsep baru dan berbeda.


5.    Berikan Demo Version (Light Version) secara gratis. Sebaik apapun produk yang kita buat, orang tidak akan menggunakannya apabila mereka belum mengetahui manfaatnya, dan untuk mengetahui manfaatnya maka mereka harus mencobanya.


6.    Ciptakan effek WOM (Word Of Mouth) Marketing. Sebaik apapun Produk Anda jika Anda tidak ada yang menggunakan Apps Anda maka akan sia-sia. Cara yang paling effektif adalah dengan WOM, karena berdasarkan penelitian 53% dari orang mendownload Apps karena direkomendasikan dari teman atau kolega mereka, atau sumber-sumber yang mereview tentang Apps sepeti web review, majalah Apps, dan lain-lain.


7.    Manfaatkan Marketing Channel yang sudah kuat. Dalam memasarkan sebuah Produk yang baru saya sarankan Anda bekerja sama dengan marketing channel yang sudah kuat, misalnya kalo Anda membuat Game Apps, sebaiknya Anda bekerja sama dengan publisher yang sudah berpengalaman dengan pemasaran game apps yang Anda buat.